Friday 11 May 2012

10 Cara untuk Panjang Umur



UCAPAN panjang umur seringkali terlontar saat seseorang merayakan ulang tahun.
Namun apa saja yang harus dilakukan untuk memperoleh usia yang panjang dan tetap segar saat lanjut usia?
1. Menjaga pola makanBerdasarkan penelitian yang dimuat di International Journal of Epidemiology, mengonsumsi sayuran dan makanan yang mengandung protein rendah lemak dapat menghindari kanker dan penyakit jantung. Kedua penyakit ini disebut-sebut sebagai penyakit yang paling banyak merenggut nyawa manusia.
2. Menjaga porsi makanSelain teliti memilih makanan apa saja yang harus dikonsumsi, Anda juga perlu menjaga porsi makan. Hasil riset yang dimuat di Rejuvenation Research menyebutkan, dengan mengurangi porsi makan sebanyak 15% sejak usia 25 tahun, usia Anda akan bertambah 4,5 tahun. Ini disebabkan, menjaga porsi makanan dapat mencegah timbunan lemak yang mengakibatkan berbagai penyakit.
3. Hindari begadangTidur yang cukup dapat mengistirahatkan otak dan tubuh yang kelelahan. Sebuah studi yang dimuat di Archives of General Psychiatry menemukan orang-orang yang tidur kurang dari delapan jam per hari lebih mudah terkena penyakit dan stress.
4. Berhenti merokokTidak pernah ada kata terlambat untuk berhenti merokok. Seperti yang tertera dalam kemasannya, rokok dapat menyebabkan berbagai penyakit, seperti impotensi, serangan jantung, kanker paru-paru, hingga gangguan janin.
5. BerolahragaSiapa yang tidak tahu bahwa berolahraga merupakan cara paling ampuh dalam menjaga kebugaran tubuh? Sebuah penelitian yang dimuat di Archives of Internal Medicine memaparkan, lari pagi secara rutin dapat mengurangi resiko penyakit jantung, kanker, dan gangguan syaraf, seperti Alzheimer.
6. Hindari sifat burukPesimis, murung, dan sinis bukan sekedar sifat, namun dapat juga berpengaruh pada kesehatan. Terutama stress dan depresi, dapat menyebabkan penyakit pada fisik Anda, juga menambah kerutan di wajah sebagai tanda penuaan dini.
7. Menambah temanSejumlah studi membuktikan bahwa memperluas pergaulan dapat meningkatkan rasa kepercayaan diri dan membuat hati lebih bahagia. Persahabatan juga dapat menurunkan kadar depresi.
8. TertawaTertawa meningkatkan aliran darah lebih dari 20% atau sama dengan satu sesi aerobik. Penelitian lebih jauh menunjukkan tertawa dapat meningkatkan sel-sel dalam tubuh yang ampuh menyerang virus dan sel tumor. Bahkan jika Anda memaksakan diri untuk tertawa, khasiatnya tetap sama, karena tubuh tidak dapat membedakan mana tertawa yang keluar secara spontan dan mana yang hanya berpura-pura.
9. Meredakan emosiOrang-orang yang cepat marah lebih mudah terkena stress dan penyakit jantung dibandingkan orang-orang yang lebih sabar dan mudah meredakan emosi.
10. Memelihara hewanMemiliki hewan peliharaan terbukti dapat membuat perasaan lebih bahagia dan tubuh lebih bugar. Gejala penyakit jantung, stress, dan tekanan darah dapat berkurang hanya dengan memelihara hewan.

No comments:

Post a Comment